Sudah Tahu Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan? Yuk Simak Disini

Alasan utama masyarakat berminat menggunakan BPJS, ialah tarif kesehatan yang lebih terjangkau dibanding asuransi kesehatan. Sebagai pihak yang menjamin atas terselenggaranya program ini, pemerintah benar-benar terlibat secara penuh. Termasuk memerhatikan kemudahan cek tagihan bpjs kesehatan. Hal ini bertujuan agar masyarakat merasakan pelayanan kesehatan, yang lebih tanggap dan cepat.

Cara Mudah untuk Mengetahui Tagihan BPJS
1. Mengunjungi Website Resmi
Setiap bulannya anda diwajibkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan. Biasanya jumlah tagihan yang dibayarkan menyesuaikan jenis pelayanan yang anda gunakan. Salah satu cara paling mudah untuk mengecek tagihan, adalah dengan masuk website resmi BPJS. Hal ini mempermudah para nasabah BPJS, karena bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Dengan begitu peserta BPJS tidak lagi terlambat, untuk membayar tagihan ke kantor BPJS.

Pertama yang harus dilakukan anda masuk pada website BPJS, dan akan menemukan halaman utama. Selanjutnya klit menu “Cek Iuran BPJS Kesehatan”, lalu isi dua kolom yang tediri dari Nomor Kartu dan Tangga Lahir sebagai pemegang kartu BPJS. Setelah mengisi kedua kolom masukkan Angka Validasi yang tertera disana. Kemudian klik “Cek” dan rincian pembayaran BPJS akan muncul pada layar. Cek tagihan BPJS Kesehatan ini memudahkan anda tahu jumlah tagihan yang dibayarkan.

2. Mengecek Lewat ATM
Anda cukup datang ke ATM Bank yang bekerjasama dengan BPJS, seperti Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. Masukkan kartu ATM dan pin ATM,  kemudia pilih “transaksi lain” lalu ke “pembayaran”. Setelah itu pilih menu “lainnya” kemudian klik pilihan “BPJS”, masuk ke “BPJS Kesehatan”. Selanjutnya masukkan nomor virtual account BPJS Kesehatan, yang diterima ketika melakukan registrasi akun. Atau bisa memasukkan nomor peserta BPJS Kesehatan, dengan angka awal 88888 serta 11 angka terakhir nomor peserta.

Pencet tombol “benar” lalu tinggal menunggu konfirmasi pembayaran iuran. Jika anda merasa tagihan pada tampilan layar benar, maka tinggal pilih “Ya” untuk melakukan transaksi. Tetapi jika keperluan anda hanya untuk mengecek tidak perlu melakukan pembayaran. Namun pendapat tentang cek tagihan BPJS Kesehatan lewat ATM ini, banyak yang kurang setuju. Pasalnya nasabah harus mencari mesin ATM terlebih dulu, yang menyediakan fasilitas BPJS.

3. Lewat Aplikasi
BPJS Kesehatan memiliki aplikasi resmi yang dapat diakses dimanapun. Anda bisa memantau status, tagihan, dan kebutuhan lainnya terkait BPJS Kesehatan. Bagi anda pengguna smartphone bisa mengunggah aplikasinya secara gratis, di Google Play Store. Anda perlu intsall aplikasi “Mobile JKN” di ponsel pintar, tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Pada layar utama anda diminta untuk melakukan registrasi terlebih dulu, lalu input data pribadi yang nanti diunggah dalam aplikasi BPJS.

Setelah registrasi selesai anda bisa melakukan login aplikasi, lalu pergi ke halaman selanjutnya. Pilih “Tagihan” lalu ke menu “premi” untuk melihat rician jumlah yang harus dibayarkan. Dari sini anda bisa melihat tagihan BPJS Keshatan yang dibebankan untuk anda. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ini mengandalkan kemudahan teknologi, jadi tidak ada alasan bagi nasabah kesulitan 5untuk melihat jumlah tagihan.

Penggunaan layanan BPJS Kesehatan ini sudah banyak dimiliki masyarakat luas. Pemerintah pun terus berusaha untuk meperbaiki pelayanan, juga kemudahan akses untuk para nasabahnya. Ada banyak pilihan pembayaran yang bisa dilakukan, mulai dari offline ke kantor atau akes melalui Mobile Banking. Dengan begitu tidak perlu lagi menunda jatuh tempo pembayaran, dan berdampak pada tagihan BPJS yang membengkak.